Responsive Banner design
Home » » Contoh Kasus Cyber Crime

Contoh Kasus Cyber Crime

TEMPO.CO , Jakarta - Bank Mandiri mengimbau nasabahnya agar tidak terpancing dengan surat elektronik atau e-mail palsu yang berisi jebakan permintaan untuk mengunggah akun pribadi secara online.



Sekretaris Perusahaan Bank Mandiri, Rohan Hafas, mengatakan telah berkoordinasi dengan Kepolisian untuk menangkap pelaku penyebaran e-mail palsu untuk memperoleh data pribadi atau phising tersebut. Dia mengimbau nasabah untuk mengabaikan e-mail tersebut karena palsu. "Permintaan update data nasabah hanya dapat dilakukan di kantor cabang, dan tidak secara online," kata Rohan dalam keterangannya kepada Tempo, Selasa 30 Desember 2014. 
Hal ini diutarakan Rohan sehubungan dengan beredarnya e-mail palsu yang mengatasnamakan Bank Mandiri. E-mail itu meminta nasabah untuk melakukan upgrade account internet banking sebagai bagian dari proses upgrade sistem Bank Mandiri. Akun nasabah kemungkinan akan dimanfaatkan oleh pihak lain yang mengirimkan e-mail tersebut.
Menurut Rohan, untuk menghindarkan nasabah dari kejahatan perbankan tersebut, Bank Mandiri telah melakukan edukasi tentang phising melalui twitter, facebook, sms blast, email blast serta melalui situs resmi.

Pendapat saya : Dengan semakin berkembangnya tekhnologi maka makin besar pula kesempatan para pelaku kejahatan cyber untuk melakukan aksinya. untuk itu kita harus memperluas wawasan khusunya dalam bidang internet agar dapat terhindar dari aksi kejahatan.

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.